Kamis, 22 Oktober 2015

Belajar Semai Untuk Kebun Besar/Farm

1. Sediakan Rockwool 1 slab (100cm x 15cm x 7,5) lalu potong menjadi 16 bagian. Tiap bagian ukuran 25cm x 7,5cm x 3,75cm.
2. Lobangi tiap bagian 30 lobang tanam.
3. Sediakan seed tanaman yg akan di tanam. Masukkan seed pada masing-masing lubang tanam.
3. Basahi rockwool yg sudah ada seed nya hingga lembab dgn menggunakan air biasa saja, tanpa campuran apapun.
4. Letakkan rockwool tadi berjajar pd rumah semaian, berikan tanggal semai pada masing-masing rockwool. Hal tersebut digunakan untuk mengetahui sudah brp lamanya bibit tersebut di tanam hingga menentukan jadwal panen.
5. Rumah semai hanya ditutupi dengan sejenis plastik UV saja, tanpa tutup apapun, Sementara sinar matahari bisa langsung masuk dari semaian usia 0 hari.
6. Periksa kelembaban rockwool pagi dan sore hari hingga 5-7 hari, penyiraman hanya dgn air biasa saja dan dilakukan secara manual saja.
7. Jika sudah berdaun 4 maka semaian sudah bisa dikenalkan ABmix dgn dosis maks EC 1 atau 500ppm dan aliran nutrisi sudah dijalankan 24 jam.
8. Biarkan semaian hingga 2 minggu tinggal dirumah semai Setiap hari selalu dengan matahari full tanpa penutup selain plastik UV.
9. Setelah 2 minggu semaian sudah siap untuk dipindahkan ke gully produksi Sebelumnya rockwool di potong-potong sesuai lubang tanam yg ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar