Sabtu, 09 Januari 2016

CARA PEMUPUKAN HIDROPONIK

Dalam pemupukan system hidroponik yang perlu diperhatikan adalah konsentrasi, interval, dosis, waktu aplikasi dan cara aplikasi.

1. Konsentrasi 

Konsentrasi adalah kandungan bahan aktif dalam setiap volume aplikasi pupuk. Konsentrasi pupuk yang diberikan disesuaikan dengan umur tanaman. Kebutuhan tanaman akan unsur hara berbeda-beda pada setiap fase pertumbuhan, dan jenis nutrisi juga berbeda pada setiap fase pertumbuhan.

Jenis nutrisi yang diberikan juga tergantung apakah tanaman dalam fase vegetatif atau reproduktif. Pada fase vegetatif lebih banyak diperlukan unsur N (nitrogen). Pada fase reproduktif lebih banyak diperlukan unsur P (phospor) dan K (kalium)

2. Interval aplikasi 

Interval aplikasi adalah berapa kali pupuk diberikan selama satu siklus hidup tanaman.

3. Dosis

Dosis adalah konsentrasi dikali interval aplikasi

4. Waktu aplikasi

Kapan waktu aplikasi pemupukan tanaman hidroponik? yaitu pada pagi hari, siang dan sore hari. Aplikasi pupuk melalui media tanam dapat dilakukan kapan saja, lebih baik pada pagi hari dan sore hari. Saat suhu media cukup rendah, berkaitan dengan respirasi perakaran dan konsentrasi oksigen dalam media.

Aplikasi pupuk melalui daun, konsentrasinya tidak boleh terlalu tinggi, lebih utama dilakukan pada siang hari saat transpirasi maksimal, berkaitan dengan bukaan stomata, arah aplikasi dari permukaan bawah helaian daun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar